Praktikum Bioteknologi

Selasa, 17 Mei dan Kamis 19 Mei 2022 mahasiswa semester 6 program studi Tadris Biologi, FITK, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan praktikum kultur jaringan di Pusat Laboratorium Terpadu (PLT) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Praktikum tersebut dilaksanakan dalam rangka memenuhi kegiatan perkuliahan mata kuliah Pengantar Bioteknologi yang merupakan mata kuliah wajib dari Program Studi Tadris Biologi (3 SKS) dengan dosen pengampu Dr. Zulfiani, M.Pd dan Dina Rahma Fadlilah, M.Si

Adapun sebanyak 76 orang mahasiswa mengikuti kegiatan praktikum kultur jaringan. Mahasiswa tersebut terdiri dari kelas 6A dan 6B. Praktikum dilakukan dalam dua sesi, yaitu sesi pertama pada hari Selasa bagi kelas 6A dan sesi kedua pada hari Kamis bagi kelas 6B. Kebijakan praktikum dengan memperhatikan protokol kesehatan pada masa new normal pasca pandemi Covid-19, maka setiap sesi terbagi atas 4 kloter (per kloter selama 1 jam offline).

Pada praktikum kultur jaringan, mahasiswa diperkenalkan cara membuat subkultur tunas tanaman dan kemudian dipraktikkan mandiri di Lab Terpadu (offline). Sebelum melakukan praktikum di laboratorium, mahasiswa diberi penugasan terlebih dahulu untuk menonton youtube mengenai tahapan-tahapan kultur jaringan, sterilisasi alat dan bahan, dan modul praktikum kultur jaringan yang disiapkan pihak Lab Terpadu. Mahasiswa secara bergiliran per kelas diberi kesempatan untuk melakukan sterilisasi alat bahan yang akan digunakan untuk mahasiswa praktikum secara offline di Lab Terpadu.

Pengetahuan awal yang diberikan pihak Lab Terpadu bertujuan agar pada saat praktikum berlangsung, mahasiswa memiliki pengetahuan dasar mengenai kultur jaringan, khususnya pada tahapan membuat subkultur, dimana tahapan ini merupakan tahapan yang dipraktikkan di laboratorium.

Sebelum melakukan serangkaian tahapan praktikum, mahasiswa diberikan pengenalan dan demonstrasi alat terlebih dahulu oleh pihak PLT UIN Syarif Hidayatullah, yaitu Ibu Puji Astuti, S.Si dan Ibu Nur Amaliah Solihat, dan Muhammad Ridhwan, S.SI (staf PLP FITK UIN Syarif Hidayatullah). Mahasiswa diperkenalkan tentang media yang digunakan pada pembuatan subkultur, kemudian mahasiswa didemonstrasikan bagaimana cara membuat subkultur tanaman di laminar air flow hingga menyimpan subkultur di rak penyimpanan.

Praktikum Bioteknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *