Bimbingan Akademik Angkatan 2021

Angkatan 2021 adalah angkatan dimulainya kurikulum KKNI MBKM, kurikulum yang memerdekaan memberikan lebih banyak peluang mahasiswa untuk memilih sesuai dengan minatnya.  Pada hari Jum’at malam 14-01-2022 pukul 08.00-09.00 pm melalui Zoomeeting, ibu Yanti Herlanti bersama dengan mahasiswa bimbingan berbincang-bincang tentang matakuliah apa yang akan diambil mahasiswa.  Nah, apa saja perbincangannya! Yuk, ikuti silahkan kalian nanti berbincang juga dengan PA masing-masing.

Pada semester II pada bagian kurikulum kalian akan melihat ada satu mata kuliah namanya ada beda dikit yaitu 1) Psikologi pendidikan (dengan kode depat FTK) dengan Psikologi Pendidikan I (Kode depan FPS), apa sih bedanya? Apakah harus diambil dua-duanya? Tentu saja kami tidak ambil dua-duanya tapi dipilih salah satu.  Dipilih siapa? Kamu yang pilih berdasarkan ketentuan berikut:

  1. Kamu yang ber-IP >3.0 berhak mengambil 24 SKS, jika kamu ingin mempelajari lebih dalam tentang Psikologi terutama pendidikan maka ambilah Psikologi Pendidikan I, kamu akan belajar dengan pengajar di Jurusan Psikologi UIN Jakarta.  Semester 3 nanti, silahkan lanjutkan untuk mengambil matakuliah Psikologi Dasar II, jangan lupa untuk mempertahankan IPK agar lebih dari >3.00.
  2. Jika kamu ber IP 2-2.99 berhak mengambil 18-21 SKS sebaiknya ambil saja Psikologi Pendidikan.
  3. IP saya <2.99 masih boleh ambil Psikologi Pendidikan II.  Boleh dengan syarat IPK semester II nanti bisa mencapai > 3.00

Q and A,  Pertanyaan-pertanyaan yang muncul selama sesi bimbingan akademik adalah sebagai berikut:

#1.  IP saya semester ini lebih dari 3.00 berhak ambil 24 SKS, saya mau ambil ke atas, sebaiknya ambil matakuliah apa ya bu? Ambil di semester 4 “Pendidikan Akhlak (3 SKS)

#2. Saya masih adaptasi dari SMA ke PT, sehingga IP saya kurang dari 2,5 dan hanya boleh ambil 18 SKS, matakuliah apa yang harus saya lepas bu? Lepaskan Bahasa Indonesia (3 SKS).  Berjuang agar IPK lebih baik.  Semester ganjil nanti (III) ambil bahasa Indonesia di jurusan lain.

#3.  Saya IPK bahkan kurang dari 2.00 sehingga hanya bisa ambil 15 SKS, matakuliah apa yang harus saya lepas? Selain bahasa Indonesia (3 SKS) lepaskan juga Fisika Dasar (2 SKS) dan Praktikum Fisika (1 SKS).

#4. Nilai matematika dasar saya semester I mendapat D.  Apakah saya harus mengulang? Iya, nilai D harus mengulang.  Kapan saya mengulang? Kamu bisa mengulang pada semester antara bulan Juli-Agustus 2022 nanti.  Silahkan kumpulkan teman-teman yang mendapat nilai D matematika, dan hubungi Ibu Meiry Sekretaris Program Studi, untuk pendaftaran Semester Antara Juli-Agustus matakuliah Matematika Dasar (2 SKS).

#5. Nilai D justeru saya peroleh untuk Kimia Dasar, bagaimana bu?  Sama caranya seperti no 4, hubungi ibu Meiry Sekretaris Program Studi, untuk pendaftaran Semster Antara Juli-Agustus matakuliah Kimia Dasar (2 SKS).

#6. Nilai bahasa inggris saya C, apa harus mengulang? Nilai C lulus, tidak ada kewajiban untuk mengulang.  Saran saya ikuti kursus bahasa Inggris gratisan melalui Youtube atau bayar melalui Lembaga Bahasa karena untuk lulus dari UIN Jakarta kalian harus mengantongi sertifikat toefl 450 dahulu.  Kalau kamu sudah ikut kursus dan nilai Toeflmu sudah lebih dari 450, masih ada waktu sambil mengerjakan skripsi nanti di semester 7 atau 8, silahkan perbaiki nilai C mu agar jadi B.  Kalau sekarang mah tuntaskan dulu saja semester 2-6 gak usah mengulang matakuliah nilai C karena itu hanya akan menghabiskan waktu dan energi kamu, lebih baik balas matakuliah nilai C itu dengan matakuliah lain yang nilainya A.  Mari bekerja kerja semangat, cerdas, dan efektif!

 

 

 

Bimbingan Akademik Angkatan 2021