Merangkul Keakraban demi Mewujudkan Solidaritas dalam Kekeluargaan melalui HUT Tadris Biologi ke-20 Tahun

Oleh Departemen Publikasi dan Relasi HMPS BIOLOGI

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Biologi menyelanggarakan kegiatan HUT Tadris Biologi 2021. HUT Tadris Biologi merupakan salah satu program kerja Departemen Publikasi dan Relasi (DPR)—salah satu departemen yang ada di HMPS. Rangkaian kegiatan dibagi menjadi dua, yaitu Pra HUT dan HUT. Pra HUT diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom pada hari Sabtu, 13 November 2021 dihadiri oleh sejumlah dosen dan perwakilan tiap angkatan dari alumni. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Ibu Dr. Yanti Herlanti, M.Pd. selaku ketua program studi tadris biologi.

Ibu Yanti menyambut dengan baik atas terselanggaranya kegiatan ini. Beliau mengatakan kegiatan ini sudah seharusnya diselenggarakan sebagai langkah awal terbentuknya IKAL yang sudah lama diwacanakan. Dengan terbentuknya IKAL nanti diharapkan akan menjadi tempat bernaungnya para alumni, menjaga silaturahmi, dan membuka jalinan relasi terutama untuk membentuk banyak jalur Kerjasama dunia kerja, juga membantu program studi untuk meningkatkan akreditasi. Begitu pula sambutan yang disampaikan oleh Ibu Meiry Fadhilah Noor, M. Si. selaku Sekretaris Program Studi yang juga berharap pembentukan IKAL ini akan berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam kegiatan Pra HUT ini juga disampaikan hasil survey tentang kesediaan alumni tentang pembentukan IKAL. Hasilnya dari 158 alumni yang mengisi survey, 97% setuju untuk membentuk IKAL Tadris Biologi. Lalu 40% diantaranya setuju untuk menjadi pengurus IKAL jika sudah terbentuk nanti. Selanjutnya Pra HUT dilanjutkan dengan musyawarah pemilihan ketua panitia IKAL. Setelah mencapai kesepakatan, akhirnya terpilih Adjie Pratama (Angkatan 2010) sebagai ketua panitia dan Hasan Basri (Angkatan 2011) sebagai wakil ketua pembetukan IKAL.

Pada tanggal 20 November 2021 dilangsungkan kegiatan HUT Tadris Biologi ke 20. Acara ini mengusung tema Merangkul Keakraban Demi Mewujudkan Solidaritas dalam Kekeluargaan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi antara dosen, mahasiswa aktif dan juga alumni tadris biologi. HUT Tadris Biologi diisi dengan kegiatan pentas apresiasi seni mahasiswa, sharing session, dan sosialisasi IKAL. Ketua program studi tadris biologi, Ibu Dr. Yanti Herlanti, M.Pd, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini, bu Yanti juga memperkenalkan dosen baru tadris biologi, Pak Solihin, yang merupakan salah satu alumni dari tadris biologi. Bu Yanti juga menyampaikan harapannya tentang pembentukan IKAL dan semoga kedepannya akan ada dosen baru lagi dari kalangan alumni tadris biologi. HUT di buka dengan kegiatan pemotongan tumpeng. Selaanjutnya kegiatan sosialisasi IKAL disampaikan oleh Hasan Basri selaku wakil ketua panitia pembentukan IKAL. Hasan menyampaikan progress mengenai kegiatan apa saja yang sudah dan akan dilaksanakan terkait pembentukan IKAL. Pentas Apresiasi Seni Mahasiswa diisi dengan penampilan-penampilan seni oleh mahasiswa aktif tadris biologi seperti, tari tradisional, menyanyi, drama, dan juga puisi. Selain itu juga ada pameran yang berisikan karya-karya mahasiswa aktif, seperti lukisan, poster, dan juga infografis.

Sharing session diisi dengan membagi pengalaman selama berkuliah di tadris biologi yang disampaikan oleh perwakilan Angkatan dari tahun 1999, 2006, 2015, 2016, 2017 dan 2018. Para alumni yang hadir menyampaikan kesannya bahwa kegiatan HUT ini sangat berkesan karena mereka dapat bertemu lagi dengan teman-teman angkatannya, para dosen, dan juga para mahasiswa aktif, selain itu juga mereka berharap kegiatan HUT ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan juga agar IKAL segera terbentuk. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar dan diakhiri dengan pembacaan doa sekaligus penutup.

Merangkul Keakraban demi Mewujudkan Solidaritas dalam Kekeluargaan melalui HUT Tadris Biologi ke-20 Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *