Webinar KPB (Kelompok Pengamat Burung) Aceros

Departemen Keilmuan dan Pengembangan

           Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Biologi telah selesai menyelanggarakan kegiatan webinar KPB (Kelompok Pengamat Burung Aceros) pada tahun 2021. Acara webinar ini diselengggarakan secara online melalui platform atau media aplikasi Zoom Meeting. KPB Aceros merupakan sebuah kelompok pengamat burung yang dinaungi oleh HMPS Tadris Biologi, khususnya masuk ke dalam program kerja dari Departemen Keilmuan dan Pengembangan. Sasaran utama dari diadakannya webinar ini adalah mahasiswa/i aktif tadris biologi.

Webinar perdana dari KPB Aceros ini mengusung tema “Menekuni Hobi Sekaligus Mengasah Kepekaan Lingkungan Melalui Kelompok Pengamat Burung”. Tema tersebut dibuat berdasarkan tujuan dari diadakannya webinar ini, yaitu untuk menambah wawasan mahasiswa/i Tadris Biologi seputar teknis-teknis dalam melakukan pengamatan burung, menumbuhkan rasa cinta untuk menjaga lingkungan alam, mendorong dan mengarahkan minat atau hobi yang bisa diaplikasikan dalam kelompok pengamat burung. Selain itu juga, untuk memperkenalkan adanya kelompok pengamat burung di Tadris Biologi. Kegiatan webinar ini juga termasuk bagian dari rangkaian acara sebelum diadakannya open requitment anggota baru KPB Aceros. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan dapat menarik perhatian mahasiswa/i aktif Tadris Biologi untuk ikut bergabung menjadi anggota baru KPB Aceros.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari sabtu, 20 Maret 2021 silam dihadiri oleh sejumlah dosen. Ibu Dr. Yanti Herlanti, M.Pd. selaku Ketua Program Studi Tadris Biologi memberikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan. Beliau menyambut dengan baik atas terselengaranya acara seperti ini. Beliau berharap dengan adanya kelompok peminatan dalam bidang ornitologi dapat memberikan banyak ilmu dan juga memberikan kemudahan nantinya, saat ingin melakukan penelitian. Akhir kata, beliau juga berharap kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar dari awal hingga akhir kegiatan.

Kegiatan webinar perdana KPB Aceros ini bekerja sama dengan seluruh pengurus HMPS Tadris Biologi untuk menyukseskan acara. Webinar perdana KPB Aceros ini dihadiri oleh kurang lebih 50 orang peserta, yang terdiri dari mahasiswa/i aktif Tadris Biologi. Lalu, kegiatan di dalamnya diisi dengan serangkaian acara mulai dari pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sari tilawah, sambutan-sambutan, penyampaian materi, sesi tanya jawab dan penyerahan serifikat, doa, dan penutup. Pada sesi penyampaian materi diisi oleh Muhammad Azhar Pratama, S.Si., seorang alumni jurusan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan berasal dari KPB Nectarinia sekaligus seorang aktivis lingkungan. Muhammad Azhar Pratama, S.Si., menyampaikan materi dengan judul “Birdwatchis as Hobby” yang mana selaras dengan tema yang telah dibuat. Materi yang disampaikan sangat menarik dan sangat dalam, sesuai seperti yang diharapkan. Materi yang dibawakan sudah dengan harapan KPB Aceros yaitu untuk menambah wawasan dan juga dalam hal menarik perhatian mahasiswa/i aktif Tadris Biologi agar nantinya mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari KPB Aceros.

Berlanjut ke sesi berikutnya, yaitu sesi tanya jawab yang dilakukan oleh para peserta dan juga pemateri. Antusias yang tinggi dari peserta webinar yang ingin bertanya terhadap materi yang telah disampaikan cukup baik. Namun, karena keterbatasan waktu, setidaknya ada tiga pertanyaan yang diajukan saat sesi tanya jawab berlangsung dan telah dijawab dengan sangat jelas oleh pemateri. Sesi berikutnya adalah penyerahan sertifikat kepada pemateri yaitu Muhammad Azhar Pratama, S.Si., sebagai bentuk tanda terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk mengisi materi pada webinar perdana KPB. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar dan diakhiri dengan foto bersama, pembacaan doa sekaligus penutup.

Webinar KPB (Kelompok Pengamat Burung) Aceros

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *