A. Kurikulum

Padata Tahun 2021, kurikulum program studi Tadris Biologi menggunakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia disingkat menjadi Kurikulum MBKM berbasis KKNI. Dikatakan demikan karena, capaian pembelajaran masih dirancang sesuai KKNI berdasarkan naskah akademik Konsorsium Biologi Indonesia, Konsorsium Pendidikan Biologi Indonesia, dan Asosiasi Lembaga Perguruan Tinggi Kependidikan, serta Asosiasi Dosen Biologi dan Pendidikan Biologi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Ada sekitar 40 capaian pembelajaran sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus. Capaian pembelajaran ini dipetakan berdasrkan mata kuliah. Adapun pada MBKM mahasiswa diberikan kebebasan selama satu semester untuk memilih kegiatan luar kampus yang sesuai dengan minatnya, kegiatan ini akan sangat bermanfaat terutama dalam peningkatan soft skill (keterampilan umum) dan sikap.

Tabel 1. Capaian Pembelajaran Program Studi Tadris Biologi

 

Kode CAPAIAN PEMBELAJARAN 
PP.1 Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur dasar biologi berkaitan dengan biologi sel dan molekul, fisiologi, genetika, struktur dan perkembangan, biosistematika, evolusi dan ekologi serta penerapannya melalui kerja ilmiah dan berpikir ilmiah minimal sesuai dengan kedalaman dan keluasan bagi pembelajaran biologi pada tingkat sekolah menengah atas/madrasah aliah.
PP.2 Mampu menguasai teoritis pendidikan secara umum dan konsep teoritis kependidikan biologi melalui proses berpikir ilmiah, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural khususnya dalam bidang kependidikan biologi.
PP.3 Menguasai filosofi, pendekatan, metode, model, media dan evaluasi untuk mendukung pembelajaran biologi di kelas dan sekolah/madrasah yang berorientasi pada kecakapan hidup.
PP.4 Menguasai filosofi, konsep, prinsip, dan metode penelitian pendidikan biologi dan menerapkannya dalam kegiatan penelitian pendidikan biologi di sekolah/madrasah dan masyarakat.
KUN.1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora pada bidang pendidikan biologi.
KUN.2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
KUN.3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora bidang pendidikan biologi berdasarkan kaidah, tatacara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
KUN.4 Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KUN.5 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KUN.6 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
KUN.7 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KUN.8 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi.
KUN.9 Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan  keilmuan  dan kemampuan kerja di bidang pendidikan biologi.
KUU.1 Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan atau Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik).[1]
KUU.2 Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar.11
KUU.3 Mampu menghafal al-Qur’an juz 30 dan ibadah praktis dengan baik dan benar.[2]
KUP.1 Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang Pendidikan biologi berdasarkan hasil analisis informasi dan data.[3]
KKP.1 Mampu menerapkan penguasaan konsep-konsep biologi dan ilmu pendidikan dalam merancang pembelajaran biologi dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS serta sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, permasalahan di kelas dan sekolah, perkembangan peserta didik, dan karakteristik lingkungannya sehingga menghasilkan desain pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif mengembangkan potensi setiap peserta didik. 
KKP.2 Mampu menerapkan penguasaan konsep-konsep biologi dan ilmu pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran biologi yang mendidik dengan memanfaatkan perkembangan IPTEKS serta sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, permasalahan di kelas dan sekolah, perkembangan peserta didik, dan karakteristik lingkungannya sehingga peserta didik mampu mencapai tujuan pendidikan dan mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
KKP.3 Mampu menerapkan penguasaan konsep-konsep biologi dan ilmu pendidikan dalam melakukan penilaian proses dan hasil belajar biologi secara sistematis dan berkesinambungan dengan memanfaatkan IPTEKS serta sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, permasalahan siswa, permasalahan di kelas dan di sekolah, perkembangan peserta didik, dan karakteristik lingkungan sehingga menghasilkan informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
KKP.4 Mampu menganalisis kurikulum biologi sekolah memengah melalui kegiatan telaah kurikulum sehingga menghasilkan indikator, bahan ajar, instrument penilaian, strategi, dan media pembelajaran sesuai keurikulum yang berlaku.
KKP.5 Mampu memecahkan permasalahan pendidikan biologi melalui kegiatan penelitian dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS sesuai dengan konteks sekolah dan perkembangan peserta didik..
KKP.6 Mampu membelajarkan kondep biologi dengan menerapkan pedagogic specific yang mempertimbangkan sifat dan karakteristik konsep biologi sebagai implementasi dari tehnological pedagogical content knowledge sehingga siswa mencapai tujuan pendidikan abad 21.
KKP.7 Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang pendidikan biologi terkait berbagai alternative penyelesaian masalah di bidang pendidikan biologi dengan memanfaatkan teknologi informasi sesuai dengan perkembangan IPTEKS
KKP.8 Mampu bertanggung jawab terhadap tugasnya sebagai pendidik serta menunjukkan etos kerja dan bertanggung jawab yang tinggi, rasa bangga dan percaya diri sebagai pendidik dan mampu berkomunikasi secara efektif, berlandaskan kode etik guru, baik di kelas, sekolah, maupun di masyarakat.
KKP.9 Mampu mengambil keputusan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi, pemberian tindak lanjut serta pelaporannya, berdasarkan analisis data dan assesmen.
KKP.10 Mampu mengambil keputusan perbaikan mutu pembelajaran biologi kelas maupun di sekolah berdasarkan hasil refleksi pembelajaran yang dilakukan secara mandiri maupun kolaboratif.
SN.1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
SN.2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
SN.3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
SN.4 Ber/peran sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan negara
SN.5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
SN.6 Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
SN.7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
SN.8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
SN.9 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
SN.10 Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik
SN.11 Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya 
SN.12 Memiliki moral, etika, tanggungjawab, kepribadian dan kemandirian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya dalam membelajarkan biologi 
SU.1 Menerapkan nilai-nilai islam dan kearifan local[4]
SP.1 Memiliki kemandirian dan tanggungjawab dalam menyelesaikan masalah pembelajaran biologi meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi yang menjadi tanggungjawabnya sebagai pendidik biologi maupun sebagai bagian dari organisasi profesi guru[5]
SP.2 Memiliki kemandirian dan tanggungjawab dalam produk-produk pembelajaran biologi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan biologi. 15
SP.3 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang pendidikan biologi secara mandiri15

Keterangan:

PPn= Pengetahuan Prodi

KUNn=Keterampilan Umum Nasional yang dirumuskan langsung oleh Dikti Kemendikbud.

KUUn=Keterampilan Umum Universitas

KKPn=Keterampilan Khusus Prodi

SNn=Sikap Nasional yang dirumuskan langsung oleh Dikti Kemdikbud

SPn=Sikap Prodi


 

Tabel 2. Pemetaan Capaian Pembelajaran pada Mata Kuliah Program Studi Tadris Biologi

Adapun kegiatan luar kampus yang menjadi ruh MBKM adalah sebagai berikut: