Kegiatan HMPS

HMPS Tadris Biologi Gelar Upgrading Untuk Para Pengurus

Departemen Leadership

            Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Biologi telah selesai menyelanggarakan kegiatan upgrading kepengurusan pada tahun 2021. Sebuah kegiatan yang diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom ini merupakan bagian dari salah satu program kerja Departemen Leadership—salah satu departemen yang ada di HMPS—menjadi momen bersejarah khususnya bagi kepengurusan HMPS Tadris Biologi yang secara resmi mengklaim identitasnya sebagai kabinet Tardigrada. Kegiatan ini juga termasuk bagian dari rangkaian acara EOCL (Every One Can Lead), yakni sebuah acara yang diadakan oleh HMPS Tadris Biologi untuk memberikan bekal softskill kepemimpinan khususnya bagi para pengurus yang tengah menjabat dan umumnya bagi mahasiswa Tadris Biologi serta khalayak umum yang ingin mengasah kemampuan serta potensi dirinya dalam memimpin, baik untuk dirinya sendiri, organisasi, maupun kepentingan publik. Rangkaian acara yang digagas oleh Departemen Leadership ini mencakup dua program utama, di antaranya training kepemimpinan dan seminar. Acara upgrading kepengurusan inilah yang termasuk dalam training kepemimpinan, sedangkan seminar kepemimpinan yang dibuka untuk umum akan diadakan pada bulan April mendatang.

            Kegiatan Training Kepimpinan EOCL (Every One Can Lead) sebagaimana yang diutarakan oleh Ahmad Faiz Muzaki selaku Ketua Departemen Leadership sekaligus Ketua Pelaksana pada kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pembekalan skill kepemimpinan bagi seluruh pengurus HMPS Tadris Biologi guna mempersiapkan dan meningkatkan motivasi serta kinerjanya dalam menjalankan program kerja yang selanjutnya akan dijalankan selama satu tahun periode kepengurusan. Kegiatan yang mengusung tema “Membentuk Jiwa Kepemimpinan Tardigrada yang TANGGUH (Tanggung Jawab, Unggul, dan Hebat)” ini diharapkan dapat memberikan efek yang berkepanjangan bagi para pengurus untuk senantiasa mendedikasikan dirinya dan memberikan kontribusi yang terbaik bagi program studi Tadris Biologi. Kegiatan ini diharapkan pula menjadi salah satu sumbangsih terbesar bagi HMPS Tadris Biologi untuk mewujudkan visi dan misi pada program studi Tadris Biologi.

            Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2021 silam dihadiri oleh sejumlah dosen yang juga membuka acara sekaligus memberikan sambutan. Ibu Yuke Mardiati, M. Si. selaku pengajar mata kuliah Fisiologi Tumbuhan dan Pengantar Biologi Evolusi di program studi

            Tadris Biologi sekaligus Pembina HMPS Tadris Biologi menyambut dengan baik atas terselanggaranya kegiatan ini. Beliau mengatakan kegiatan ini sudah seharusnya diselenggarakan sebagai bekal pengurus dalam berorganisasi. Begitu pula, Ibu Dr. Yanti Herlanti, M. Pd. selaku Ketua Program Studi Tadris Biologi yang memberikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan. Sambutan terakhir disampaikan oleh Ibu Meiry Fadhilah Noor, M. Si. selaku Sekretaris Program Studi yang juga berharap kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar dari awal hingga akhir kegiatan.

            Kegiatan yang hanya dilakukan satu kali dalam masa periode kepengurusan di tahun ini terdiri dari dua sesi materi yang masing-masing materi diisi oleh pemateri. Sesi pertama diisi oleh Seno Murdiono, S. Pd., seorang alumni sekaligus mantan wakil ketua HMPS Tadris Biologi periode 2017/2018 yang menyampaikan materi mengenai Manajemen Organisasi dan Kesekretariatan atau yang biasa disingkat MOK. Adapun sesi kedua diisi oleh Afrizal Purwadi yang pernah menjabat sebagai ketua HMPS Tadris Biologi periode 2017/2018 dengan penyampaian materi mengenai Kepemimpinan (leadership). Kedua materi itu merupakan hal yang seharusnya dikuasai oleh seorang yang berkiprah dalam sebuah organisasi. Oleh karena itu, diadakannya kegiatan ini untuk menunjang hal tersebut. Antara kedua sesi materi diselingi oleh Quiz On The Spot yang bertujuan untuk menyegarkan kembali pemahaman yang telah didapat dari masing-masing materi sekaligus memberikan kesan agar para pengurus yang mengikuti kegiatan ini tidak cenderung pasif.

            Kegiatan yang bekerja sama dengan sejumlah pihak seperti DPO (Dewan Penasehat Organisasi) dan DPW (Dewan Pengawas Organisasi) dihadiri oleh seluruh pengurus tanpa terkecuali. Hal ini dikarenakan kegiatan yang diselenggarakan pada akhir bulan itu merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh segenap pengurus HMPS Tadris Biologi. Setelah kedua sesi materi berakhir, panitia acara mengadakan sesi FGD (Forum Group Discussion) sebuah forum diskusi dalam sebuah kelompok guna meninjau kembali terhadap materi yang sudah disampaikan. Forum diskusi ini terbagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan departemen yang ada dalam HMPS Tadris Biologi. Kelompok-kelompok ini mencakup kelompok Badan Pengurus Harian, Departemen Leadership, Departemen Publikasi dan Relasi, Departemen Keilmuan dan Pengembangan, Departemen Kerohanian, Departemen Olahraga dan Seni, dan Departemen Entrepreneurship. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar dan diakhiri dengan pembacaan doa sekaligus penutup.

HMPS Tadris Biologi Menyelenggarakan Pertemuan Rutin Tiga Bulan Tetap (Perut Bulat) Perdana di Awal Periode Kepengurusan

Departemen Leadership

Pertemuan Rutin Tiga Bulan Tetap atau yang biasa disingkat perut bulat merupakan salah satu program kerja dari Departemen Leadership sekaligus kegiatan rutin setiap tiga bulan sekali yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Biologi. Kegiatan ini memiliki manfaat sebagai media komunikasi dan pendekatan yang  berkelanjutan antara pengurus HMPS dengan mahasiswa aktif Tadris Biologi, serta mewadahi mahasiswa untuk berbagi keresahan dan permasalahan dalam perkuliahan maupun organisasi. Selain itu, kegiatan rutin ini juga berguna sebagai wadah dalam penyampaian program kerja yang akan diadakan dalam waktu dekat oleh pengurus HMPS Tadris Biologi.

Kegiatan Perut Bulat perdana ini telah dilaksanakan pada bulan lalu tepatnya pada hari Sabtu (13/03/2021). Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual atau daring melalui platform Zoom mengingat kondisi dan situasi yang belum memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan secara tatap muka. Kegiatan ini disambut dan direspon dengan baik oleh para dosen dan mahasiswa aktif Tadris Biologi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta baik dosen, segenap tamu undangan, dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan pertemuan rutin tersebut. Diperkuat lagi melalui data presensi peserta yang disediakan oleh panitia yang menunjukkan terdapat kurang lebih 93 orang yang mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan yang dilakukan setiap bulan ketiga ini meliputi beberapa kegiatan yang cukup menarik di antaranya penyampaian materi, kuis, hiburan serta diakhiri dengan FGD (Focus Group Discussion). Setidaknya terdapat dua materi yang dibahas dalam kegiatan tersebut, di antaranya ialah materi seputar seluk-beluk field trip yang dibawakan langsung oleh Wakil Ketua HMPS Tadris Biologi, Ricky Ardiansah. Materi tersebut diadakan dengan pertimbangan untuk memberikan beberapa gambaran dan langkah-langkah serta persyaratan apa saja yang dilakukan pada saat field trip terutama bagi para mahasiswa aktif Tadris Biologi angkatan 2019 dan 2020 yang sebelumnya belum pernah sama sekali melaksanakan field trip.

Sebelum memasuki materi kedua, rangkaian acara ini diselingi dengan diadakannya kuis. Para peserta yang sedari tadi mengikuti kegiatan ini terlihat cukup antusias untuk menjawab kuis yang telah disiapkan dan diadakan oleh panitia. Adapun kuisnya semacam berbentuk TTS (Teka Teki Silang) dan terdapat beberapa clue yang disiapkan untuk mempermudah peserta dalam menemukan jawaban. Antusias peserta dapat dilihat dari banyaknya peserta yang mengaktifkan fitur Rise Hand dan menjawab kuis. Panitia juga telah menyiapkan hadiah (reward) berupa pulsa bagi peserta yang paling banyak menjawab kuis dengan cepat, benar, dan tepat.

Adapun materi kedua ialah seputar olahraga di masa pandemi yang dibawakan langsung oleh Ika Aprillia selaku alumni UKM Postar (Pojok Seni Tarbiyah) yang juga tengah menjabat sebagai Dewan Pembina Organisasi (DPO) HMPS Tadris Biologi. Diadakannya materi tersebut juga tidak lepas dari pertimbangan bahwa di masa pandemi yang belum tahu kapan akan berakhir, tentunya diperlukan upaya-upaya untuk menjaga kesehatan salah satu cara yang dapat dilakukan ialah dengan melakukan aktivitas olahraga. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana kiat-kiat olahraga yang baik dan tepat di masa pandemi ini.

Focus Group Discussion (FGD) dilakukan pada saat materi kedua selesai. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar tercipta interaksi dan komunikasi antar peserta. Pembahasan yang ada dalam FGD tersebut berisi seputar materi yang telah disampaikan maupun berbagi pengalaman antar peserta. Akan tetapi, FGD ini tidak berjalan secara maksimal dan optimal mengingat masih terdapat room forum yang belum terisi secara merata oleh peserta.

Kegiatan yang bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar mahasiswa dan dosen ini  diadakan oleh Departemen Leadership yang berkolaborasi dengan Departemen Olahraga dan Seni. Adanya kolaborasi antar departemen ini merupakan hal yang cukup unik sekaligus kolaborasi pertama kalinya yang diadakan oleh HMPS Tadris Biologi. Selain itu, kegiatan ini juga tidak lepas dari dukungan dan kerja sama  dari berbagai pihak baik pengurus, DPW (Dewan Pengawas Organisasi), maupun DPO (Dewan Penasehat Organisasi).

Harapan dengan dilaksanakannya kegiatan Perut Bulat ini tiada lain untuk menjaga silaturahmi antar mahasiswa aktif tadris Biologi dari berbagai angkatan dan para dosen sehingga ukhuwah kekeluargaan antar warga Tadris Biologi dapat terus terjalin. Walaupun kegiatan ini dilakukan secara virtual atau daring, namun tidak sedikitpun mampu mengurangi esensi dan substansi dari kegiatan perut bulat itu sendiri. Harapan terakhir untuk kegiatan Perut Bulat selanjutnya dapat dilaksanakan secara tatap muka langsung sehingga hubungan emosional antar peserta dapat terus terhubung yang pada akhirnya terjalin proses pengenalan diri antar satu dengan yang lainnya.

Pertemuan Rutin Tiga Bulan Tetap (Perut Bulat) Jilid 2

Departemen Leadership

HMPS Tadris Biologi telah menyelenggarakan Pertemuan Rutin Tiga Bulan Tetap (Perut Bulat) Jilid 2 pada Sabtu, 12 Juni 2021. Acara  Perut Bulat kali ini membawakan tema “Ulek B’Terasi : Ulik Beasiswa dan Administrasi (Prepare Yourself For Your Future with Scholarship Education and Build Your Capacity with Secretarial Training)”. Pembahasan mengenai beasiswa dan admistrasi persuratan ini dinilai penting bagi mahasiswa terutama mahasiswa semester dua yang masih awam mengenai kedua informasi tersebut. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Prodi Tadris Biologi Ibu Meiry Fadhillah Noor dan dipandu oleh mc sekaligus moderator Elok Azkiyatun Nafsiyah.

Acara Perut Bulat ini diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting dikarenakan kondisi pandemi yang masih belum membaik. Acara ini diselenggarakan dengan konsep talkshow di mana ada tanya jawab antara moderator dan narasumber. Konsep acara ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di lingkungan Tadris Biologi.

Perut Bulat ini menghadirkan narasumber yang berpengalaman di bidangnya. Terdapat dua narasumber untuk materi beasiswa dan satu narasumber untuk administrasi persuratan. Untuk narasumber beasiswa yaitu Aguswandi, S.Pd. yang merupakan penerima beasiswa Djarum dan Hanna Diva Fauzia yang merupakan penerima beasiswa STF. Sedangkan untuk narasumber administrasi persuratan yaitu Adel Irmayanti yang merupakan Sekretaris HMPS Tadris Biologi.

Pada sesi pertama, dilakukan diskusi dan tanya jawab terhadap materi beasiswa. Pada sesi pertama ini juga, berisi mengenai pengalaman kedua narasumber dalam memperoleh beasiswa. Lalu persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar. Serta tips dan trik untuk memperoleh beasiswa.

Acara ini berlangsung dengan suasana yang menyenangkan. Ini karena narasumber yang biasanya hanya berbicara satu arah, kali ini narasumber berdiskusi dengan moderator. Selain itu terdapat pula hiburan stand up comedy yang dibawakan oleh Alma Silviani dari Departemen Seni dan Olahraga.

Pada sesi kedua membahas mengenai administrasi persuratan. Narasumber membagikan pengalamannya dalam mengurus surat. Sesi kedua ini membahas mengenai prosedur membuat surat rekomendasi beasiswa dari kaprodi.. Kemudian prosedur permohonan surat ke fakultas melalui daring dan luring. Lalu kendala dalam mengurus surat serta tips dan trik dalam mengurus surat.

Acara Perut Bulat ini selain sebagai wadah informasi, juga sebagai sarana untuk mempererat silahturahmi bagi seluruh warga Tadris Biologi. Meskipun acara ini berlangsung secara daring tetapi tidak mengurangi esensi dari Perut Bulat itu sendiri. Harapannya semoga acara Perut Bulat selanjutnya dapat berlangsung lebih baik lagi.

HMPS Tadris Biologi Menggelar Kegiatan Pelatihan Desain (PEDES)

Untuk Seluruh Mahasiswa Tadris Biologi

Departemen Publikasi dan Relasi

Acara PEDES (Pelatihan Desain) adalah salah satu program kerja dari Departemen Publikasi dan Relasi yang telah usai diadakan pada tanggal 10, 15, dan 18 Maret melalui media virtual zoom meeting. Acara ini diselenggarakan untuk memberikan pengajaran dan pelatihan mengenai desain grafis Photoshop. Acara PEDES dibuat dalam bentuk workshop dengan mengangkat tema “Eksplorasi Diri dengan Kreasi Desain Grafis untuk Mewujudkan Akademisi yang Kreatif dan Inovatif”. Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat semakin percaya diri untuk berani dalam bereksplorasi serta mengimplementasikan segala bentuk karya desain agar nantinya banyak terbentuk sumber daya mahasiswa yang kreatif dan inovatif.

            Pelatihan Desain ini diisi oleh kak Alizah Azhar Awaludin sebagai pemateri. Pada tanggal 10 Maret 2021, materi yang disampaikan adalah “Pengenalan Dasar Photoshop”. Pada tanggal 15 Maret 2021, materi yang disampaikan adalah “Desain Sertifikat”. Kemudian untuk hari terakhirnya, yaitu 18 Maret 2021 peserta diajarkan untuk berlatih membuat “Desain  Poster dan Background Zoom”. Keseluruhan acara dapat berjalan dengan lancar dan baik. Selain itu, peserta diberikan penugasan membuat desain sertifikat dan poster yang kemudian akan dinilai oleh tim panitia. Karya desain terbaik mendapatkan hadiah saldo OVO 100.000 rupiah.

Kegiatan ini juga sangat penting di masa pandemi seperti sekarang ini. Dimana pada masa pandemi banyak sekali kegiatan yang membutuhkan poster-poster dan sertifikat webinar dalam bentuk digital. Pelatihan ini bertujuan sebagai media untuk menyampaikan suatu informasi dengan menarik, tidak hanya berupa teks saja. Selain itu, pelatihan ini bermanfaat untuk menambah kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Tadris Biologi.

Dokumentasi Kegiatan PEDES

HMPS Tadris Biologi Menggelar Webinar KPB
(Kelompok Pengamat Burung) Aceros untuk Seluruh Mahasiswa/i Tadris Biologi)

Departemen Keilmuan dan Pengembangan

           Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Biologi telah selesai menyelanggarakan kegiatan webinar KPB (Kelompok Pengamat Burung Aceros) pada tahun 2021. Acara webinar ini diselengggarakan secara online melalui platform atau media aplikasi Zoom Meeting. KPB Aceros merupakan sebuah kelompok pengamat burung yang dinaungi oleh HMPS Tadris Biologi, khususnya masuk ke dalam program kerja dari Departemen Keilmuan dan Pengembangan. Sasaran utama dari diadakannya webinar ini adalah mahasiswa/i aktif tadris biologi.

Webinar perdana dari KPB Aceros ini mengusung tema “Menekuni Hobi Sekaligus Mengasah Kepekaan Lingkungan Melalui Kelompok Pengamat Burung”. Tema tersebut dibuat berdasarkan tujuan dari diadakannya webinar ini, yaitu untuk menambah wawasan mahasiswa/i Tadris Biologi seputar teknis-teknis dalam melakukan pengamatan burung, menumbuhkan rasa cinta untuk menjaga lingkungan alam, mendorong dan mengarahkan minat atau hobi yang bisa diaplikasikan dalam kelompok pengamat burung. Selain itu juga, untuk memperkenalkan adanya kelompok pengamat burung di Tadris Biologi. Kegiatan webinar ini juga termasuk bagian dari rangkaian acara sebelum diadakannya open requitment anggota baru KPB Aceros. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan dapat menarik perhatian mahasiswa/i aktif Tadris Biologi untuk ikut bergabung menjadi anggota baru KPB Aceros.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari sabtu, 20 Maret 2021 silam dihadiri oleh sejumlah dosen. Ibu Dr. Yanti Herlanti, M.Pd. selaku Ketua Program Studi Tadris Biologi memberikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan. Beliau menyambut dengan baik atas terselengaranya acara seperti ini. Beliau berharap dengan adanya kelompok peminatan dalam bidang ornitologi dapat memberikan banyak ilmu dan juga memberikan kemudahan nantinya, saat ingin melakukan penelitian. Akhir kata, beliau juga berharap kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar dari awal hingga akhir kegiatan.

Kegiatan webinar perdana KPB Aceros ini bekerja sama dengan seluruh pengurus HMPS Tadris Biologi untuk menyukseskan acara. Webinar perdana KPB Aceros ini dihadiri oleh kurang lebih 50 orang peserta, yang terdiri dari mahasiswa/i aktif Tadris Biologi. Lalu, kegiatan di dalamnya diisi dengan serangkaian acara mulai dari pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sari tilawah, sambutan-sambutan, penyampaian materi, sesi tanya jawab dan penyerahan serifikat, doa, dan penutup. Pada sesi penyampaian materi diisi oleh Muhammad Azhar Pratama, S.Si., seorang alumni jurusan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan berasal dari KPB Nectarinia sekaligus seorang aktivis lingkungan. Muhammad Azhar Pratama, S.Si., menyampaikan materi dengan judul “Birdwatchis as Hobby” yang mana selaras dengan tema yang telah dibuat. Materi yang disampaikan sangat menarik dan sangat dalam, sesuai seperti yang diharapkan. Materi yang dibawakan sudah dengan harapan KPB Aceros yaitu untuk menambah wawasan dan juga dalam hal menarik perhatian mahasiswa/i aktif Tadris Biologi agar nantinya mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari KPB Aceros.

Berlanjut ke sesi berikutnya, yaitu sesi tanya jawab yang dilakukan oleh para peserta dan juga pemateri. Antusias yang tinggi dari peserta webinar yang ingin bertanya terhadap materi yang telah disampaikan cukup baik. Namun, karena keterbatasan waktu, setidaknya ada tiga pertanyaan yang diajukan saat sesi tanya jawab berlangsung dan telah dijawab dengan sangat jelas oleh pemateri. Sesi berikutnya adalah penyerahan sertifikat kepada pemateri yaitu Muhammad Azhar Pratama, S.Si., sebagai bentuk tanda terima kasih karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk mengisi materi pada webinar perdana KPB. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar dan diakhiri dengan foto bersama, pembacaan doa sekaligus penutup

HMPS Tadris Biologi Menggelar Kegiatan Webinar Kelmabi

(Kelompok Ilmiah Mahasiswa Biologi) untuk Seluruh Mahasiswa Tadris Biologi

Departemen Keilmuan dan Pengembangan

Webinar Kelmabi I

Himpunan Mahasiswa Tadris Biologi Departeman Keilmuan dan Pengembangan telah selesai menyelenggarakan webinar Kelmabi I. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 6 Maret 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini diisi oleh Kak Musfiah Saidah yang merupakan Founder Komuniasik Edumedia dan tentu saja merupakan orang yang sudah sangat familiar dengan dunia kepenulisan.

              Tema kegiatan pada acara webinar ini yaitu “Semua Bisa Menulis: PD Publikasi Tulisan dengan Meningkatkan Skill Kepenulisan”. Tema ini dipilih karna banyak dari mahasiswa tadris biologi yang sebenarnya mampu menulis Essay, tetapi belum memiliki kepercayaan diri untuk mulai menulis dan mengikuti lomba Essay yang diselenggarakan oleh berbagai instansi.

              Melalui kegiatan ini, mahasiswa Tadris Biologi diberikan sejumlah gambaran mengenai bagaimana cara menghasilkan Essay yang baik serta memberikan motivasi untuk mulai menulis. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian open recruitment untuk mahasiswa Tadris Biologi agar tertarik untuk bergabung dalam Kelmabi (Kelompok Mahasiswa Tadris Biologi).

Dokumentasi Kegiatan Webinar Kelmabi I

“Webinar Kelmabi II”

Himpunan Mahasiswa Tadris Biologi Departeman Keilmuan dan Pengembangan telah selesai menyelenggarakan webinar Kelmabi II. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 24 April 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini diisi oleh Kak Acep Lukmanul Hakim yang merupakan Alumni Tadris Biologi dan tentu saja merupakan orang yang sudah sangat familiar dengan dunia kepenulisan dibuktikan dengan capaian beliau dalam perlombaan kepenulisan.

              Tema kegiatan pada acara webinar ini yaitu “Kiat-kiat menulis Essay dan Jadi Juara”. Tema ini dipilih untuk memperoleh ilmu praktikal bagaimana tulisan yang diikut lombakan bisa juara. Webinar ini merupakan lanjutan dari rangkaian webinar yang sebelumnya yang membahas mengenai penulisan dan motivasi untuk menulis.

              Melalui kegiatan ini, mahasiswa Tadris Biologi diberikan sejumlah tips dan trik yang dapat digunakan untuk menghasilkan Essay yang baik serta memiliki peluang yang lebih besar untuk juara. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian pembelajaran dan kurikulum yang telah disiapkan oleh Departemen Keilmuan dan Pengembangan sebagai suplemen untuk terus memotivasi anggota Kelmabi untuk menulis.

Dokumentasi Kegiatan Webinar Kelmabi II

HMPS Tadris Biologi Menggelar Kegiatan Biomedik

(Biologi Mengajar dan Mendidik) untuk Mahasiswa awal Tadris Biologi

Departemen Keilmuan dan Pengembangan

Himpunan Mahasiswa Tadris Biologi Departeman Keilmuan dan Pengembangan telah selesai menyelenggarakan Kegiatan Biomedik. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 27 dan 28 Maret 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini di sampaikan oleh Mahasiswa Tadris Biologi Angkatan 2017 kepada Mahasiswa Tadris Biologi Angkatan 2020 untuk menjelaskan lebih lanjut terkait mata kuliah biologi yang di ampu dan juga saling berbagi pengalaman serta saran untuk menghadapi dunia perkuliahan.

            Kegiatan biomedik ini bertemakan “Cari tahu, cari ilmu”. Tema ini mempunyai arti mencari tahu untuk mendapatkan ilmu dalam mengikuti kegiatan biomedik. Biomedik di adakan selama 2 hari dan perhari membahas 1 mata kuliah yaitu Biologi Fungsi dan Ekologi Dasar. Hal penting lain dalam kegiatan ini adalah penyampaian pengalaman kuliah oleh kakak tingkat kepada mahasiswa semester awal.

            Kegiatan biomedik bertujuan untuk membantu dan menolong mahasiswa semester awal dalam mempelajari mata kuliah biologi dan menghadapi ujian tengah semester (UTS) yang akan datang. Alasan mengapa hanya mata kuliah biologi adalah mata kuliah tersebut yang mempunyai kesulitan lebih tinggi di bandingkan dengan mata kuliah umum. Bersilaturahmi antar mahasiswa tadris biologi juga tak luput menjadi alasan utama kegiatan ini di adakan. Pengalaman kuliah mahasiswa awal bisa di katakan hanya sedikit karena mereka masih termasuk mahasiswa baru dan mengalami perkuliahan secara daring semenjak awal kuliah karena pandemi Covid-19 yang terjadi. Kegiatan biomedik ini diharapkan mampu mengubah mahasiswa awal tadris biologi angkatan 2020 menjadi lebih paham dalam materi mata kuliah, lebih siap dalam menghadapi ujian tengah semester, serta lebih mengetahui cara menjalani kuliah dengan baik dan benar.

Dokumentasi Kegiatan Biomedik

HMPS Tadris Biologi Menggelar Kegiatan Bedah Essay

Untuk Seluruh Mahasiswa Tadris Biologi

Departemen Keilmuan dan Pengembangan

Himpunan Mahasiswa Tadris Biologi Departeman Keilmuan dan Pengembangan telah selesai menyelenggarakan Kegiatan Bedah Essay I. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 06 Juni 2021 melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini diisi oleh Kak Azizah Shobitoh yang merupakan Mahasiswi aktif Tadris Biologi dan tentu saja merupakan orang yang sudah sangat familiar dengan dunia kepenulisan dibuktikan dengan capaian beliau dalam perlombaan kepenulisan.

              Essay yang coba dibedah dalam kegiatan ini merupakan Essay dari Kak Azizah sendiri yang berjudul “FAMILY CARE: Upaya Preventif Menyipkan Mental Masyarakat yang Siap Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Essay ini berhasil membawa Kak Azizah dan tim menduduki juara III Lomba Essay Nasional , HMBM UIN SMH Banten.

              Melalui kegiatan ini, mahasiswa Tadris Biologi diajak untuk memahami bagaimana kerangka Essay yang benar serta bagaimana menyusunnya menjadi sebuah Essay yang padu. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian pembelajaran dan kurikulum yang telah disiapkan oleh Departemen Keilmuan dan Pengembangan sebagai suplemen untuk terus memotivasi anggota Kelmabi untuk menulis.

Dokumentasi Kegiatan Bedah Essay

HMPS Tadris Biologi Menggelar Kegiatan Jumanji

(Jum’at Muhadhoroh dan Mengaji) untuk Seluruh Mahasiswa Tadris Biologi

Departemen Kerohanian

“Jumanji I”

Acara Jumanji (Jum’at Muhadhoroh dan Mengaji) adalah suatu program kerja yang di adakan oleh Departemen Kerohanian berupa muhadhoroh dan pengajian yang dilaksanakan setiap hari Jum’at. Pengajian yang dilakukan adala berupa khataman Al-Qur’an dengan membaca 10 ayat surah Al-Kahfi dan 3Qul. Muhadhoroh berasal dari bahasa arab yang artinya hadir/menghadiri/memberi kuliah. Pada Jumanji ini penyampaian materi oleh pembicara diambil dari perwakilan masing-masing angkatan. Tujuan dilaksanakannya Jumanji adalah untuk menjalin ukhuwah islamiyah di antara mahasiswa Tadris Biologi. Muhadhoroh dapat melatih dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menyampaikan materi atau ceramah. Pengajian yang dilaksanakan bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an. Jumanji dilaksanakan 4 kali dalam satu periode.

Jumanji yang pertama telah dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 9 April 2021 secara daring melalui Zoom Meting Room Tadris Biologi dengan tema “Patriarki dan Feminisme dalam Islam” yang dihadiri oleh para pengurus HMPS Tadris Biologi, panitia acara Jumanji, DPO/DPW HMPS Tadris Biologi, beberapa Dosen Tadris Biologi, tamu undangan, dan para peserta acara Jumanji. Acara dimulai pada pukul 15.40 WIB yang dilanjut dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Asmi Aisyah Sukma Indah selaku ketua pelaksana Jumanji I, sambutan kedua disampaikan oleh Rayfan Bagassetya Kurniawan selaku ketua HMPS Tadris Biologi. Setelah sambutan, dilanjut dengan khataman Al-Qur’an pada pukul 15.56 WIB yang dipimpin oleh Muhammad Zulfikar dengan membaca 10 ayat surah Al-Kahfi dan 3Qul (Surah Al-Ikhlas, Surah Al-Falaq, dan Surah An-Nas). Setelah khataman, dilanjut dengan sesi Muhadhoroh pada pukul 16.03 WIB. Muhadhoroh disampaikan oleh Sri Palupi, mahasiswa semester 4. Selesai penyampaian materi, dibuka diskusi bersama yang dipimpin oleh MC. Diskusi bersama ini berakhir pada pukul 16.55 WIB. Setelah itu dilaksanakannya penyeraan sertifikat kepada Sri Palupi dan dilanjut dengan doa. Seluruh rangkaian acara telah dilaksanakan, hingga pada pukul 17.00 WIB dilakukan foto bersama lalu ditutup oleh MC.

Dokumentasi Jumanji I

“Jumanji II”

Jumanji yang kedua telah dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 4 Juni 2021 secara daring melalui Zoom Meting Room Tadris Biologi dengan tema “Kenapa Indonesia Harus Membela Palestina?” yang dihadiri oleh para pengurus HMPS Tadris Biologi, panitia acara Jumanji, DPO/DPW HMPS Tadris Biologi, beberapa Dosen Tadris Biologi, tamu undangan, dan para peserta acara Jumanji. Acara dimulai pada pukul 15.38 WIB yang dilanjut dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ene Nurjanah selaku ketua pelaksana Jumanji II, sambutan yang kedua disampaikan oleh Rayfan Bagassetya Kurniawan selaku ketua HPS Tadris Biologi, kemudian sambutan yang ketiga disampaikan oleh Ibu Dr. Yanti Herlanti, M.Pd. selaku ketua program studi Tadris Biologi. Setelah sambutan, dilanjut dengan khataman Al-Qur’an pada pukul 15.55 WIB yang dipimpin oleh Muhammad Rosefah Syaral Haz dengan membaca 10 ayat surah Al-Kahfi dan 3Qul (Surah An-Ikhlas, Surah Al-Falaq, dan Suraj An-Nas). Setelah khatanman, dilanjut dengan sesi Muhadhoroh pada pukul 16.01 WIB. Muhadhoroh disampaikan oleh Abdulloh Yahya, mahasiswa semester 2. Selesai penyampaian materi, dibuka diskusi bersama yang dipimpin oleh MC. Diskusi bersama ii berakhir pada pukul 16.57 WIB. Setelah itu dilaksanakan penyerahan sertifikat kepada Abdulloh Yahya dan dilanjut dengan doa. Seluruh rangkaian acara telah dilaksanakan, hingga pada pukul 17.05 WIB dilakuakn foto bersama lalu ditutup oleh MC.

Dokumentasi Jumanji II

HMPS Tadris Biologi Menggelar Kegiatan Kalin-B (Kajian Islam Biologi)

Untuk Seluruh Mahasiswa Tadris Biologi

Departemen Kerohanian

“KALIN – B I”

Kegiatan Kalin-B (Kajian Islam Biologi) adalah sebuah program kerja yang diadakan oelh Departemen Kerohanian berupa kajian berbagai topik, yang meliputi keilmuan/sains, sosial, dan pendidikan yang diintegrasi dengan keislaman. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah dan memperkaya pengetahuan mahasiswa dengan ilmu pengetahuan sans dan keislaman. Dalam satu periode, kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 2 kali.

Kegiatan Kalin-B yang pertama telah dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 17 April 2021 secara daring melalui Zoom Meeting Room Tadris Biologi dengan tema “Thibbun Nabawi: Puasa dalam Perspektif Islam dan Sains” yang dihadiri oleh para pengurus HMPS Tadris Biologi, panitia acara Kalin-B,, DPO/DPW HMPS Tadris Biologi, beberapa Dosen Tadris Biologi, tamu undangan, dan para peserta kegiatan Kalin-B.

            Sebelum kegiatan ini dimulai, Ibu Dr. Yanti Herlanti, M.Pd selaku ketua program studi Tadrsi Biologi memberikan sambutannya pada pukul 08.36 WIB karena beliau tidak bisa hadir mengikuti kegiatan Kalin-B ini. Kemudian kegiatan secara resmi dimulai dan dibuka oleh MC, Annisa Febrianti, pada pukul 09.00 WIB, yaitu 30 menit lebih cepat dari rundown yang telah ditetapkan. Setelah dibuka oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Achmad Madhani Aziz san Siti Nurlaila. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang dimulai dari ketua pelaksana Kalin-B yaitu Tika Audyta Elvanuari, wakil ketua HMPS Tadris Biologi yaitu Ricky Ardiansah, pembina HMPS Tadris Biologi yaitu Ibu Yuke Mardiati, S.Si, kemudian sekretaris Program Studi Tadris Biologi yaitu Ibu Meiry Fadilah Noor, M.Si., dan yang terakhir yaitu sambutan dari ketua program studi Tadris Biologi yaitu Ibu Dr. Yanti Herlanti, M.Pd yang disampaikan oleh MC.

            Setelah sambutan-sambutan, dilanjutkan dengan sesi materi yang dibuka oleh MC dengan membacakan CV pemateri. Tema dari materi tersebut adalah “Thibbun Nabawi: Puasa dalam Perspektif Islam dan Sains” yang disampaikan oleh Dr. apt. Kintoko, M.Sc. Penyampaian materi dimulai pada pukul 09.30 WIB hingga pukul 10.18 WIB, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab hingga pukul 10.53 WIB. Setelah penyampaian materi dan tanya jawab, dilanjutkan ke sesi penyerahan sertifikat kepada Pemateri. Sertifiikat pemateri diserahkan dari panitia pelaksana Kalin-B yaitu Tika Audyta Elvauari kepada Dr. apt. Kintoko, M.Sc. Setelah sertifikat diserahkan, dilanjutkan dengan sesi do’a yang dipimpin oleh Adamsyah Muhammad serta foto bersama yang dipandu oleh Martiana Dayani Tambunan dari divisi PDD. Rangkaian acara telah selesai, kemudian ditutup oleh MC pada pukul 10.58 WIB.

Dokumentasi Kegiatan KALIN-B I

Sehat Bersama HMPS Tadris Biologi Melalui Kegiatan KORMA

(Kita Olahraga di Rumah Aja)

Departemen Olahraga dan Seni

Korma (Kita Olahraga di Rumah Aja) adalah kegiatan HMPS Tadris Biologi yang merupakan program kerja dari Departemen Olahraga dan Seni (DOSEN) yang ditujukan kepada mahasiswa Tadris Biologi. Kegiatan Korma dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 mengingat bahwa kasus Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat. Dan mahasiswa banyak yang berada di kampung halamannya masing-masing karena masih menjalani kuliah online.

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat penting untuk dilakukan di masa pandemi seperti sekarang ini. Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, di tengah pandemi ini banyak mahasiswa yang mengalami stress akibat perkuliahan online. Oleh karena itu, Departemen Olahraga dan Seni mengusung program kerja Korma untuk mengajak mahasiswa Tadris Biologi untuk berolahraga di rumah saja tanpa takut terpapar virus Covid-19. Kegiatan ini bertujuan untuk menyehatkan fisik karena mengeluarkan keringat, menghilangkan penat akibat tugas perkuliahan, dan mengisi kegiatan selama di rumah aja.

Korma dilaksanakan pada tanggal 5-13 Juni 2021 dengan mekanisme pelaksanaan yaitu Departemen Olahraga dan Seni membuatkan video instruksi olahraga yang berisikan gerakan pemanasan, inti dan pendinginan. Video instruksi ini dibagikan melalui akun insagram, youtube dan tiktok HMPS Tadris Biologi. Video instruksi ini berfungsi untuk memberikan gambaran gerakan kepada mahasiswa untuk berolahraga di rumah. Setelah menonton video instruksi, mahasiswa kemudian mengirimkan video olahraga mereka ke Instagram Story melalui akun instagram masing-masing. Video olahraga mahasiswa ini nantinya akan dinilai oleh Departemen Olahraga dan Seni dan diberikan apresiasi.

Setelah selesai melaksanakan Korma, Departemen Olahraga dan Seni mengumumkan 3 orang pemenang video terbaik yaitu Hamidah Fetri, Viola Samulia dan Rafika Nur Anbiya yang masing-masing mendapatkan hadiah pulsa sebesar Rp 25.000,-. Apresiasi ini diharapkan dapat mendorong semangat mahasiswa untuk turut aktif dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh HMPS Tadris Biologi dan mendorong semangat mahasiswa untuk berolahraga di masa pandemi.

Dokumentasi Kegiatan KORMA
Pengumuman Pemenang KORMA