Sunday, August 20, 2017
   
Text Size

Seminar Nasional Pendidikan IPA

FITK Online - Kualitas sumber daya manusia Indonesia saat ini masih sangat rendah jika dibandingkan dengan negara lain bahkan dengan sesama anggota ASEAN. Program pendidikan nasional yang dirancang diyakini belum berhasil menjawab harapan dan tantangan masa kini maupun di masa depan.

Dalam menghadapi harapan dan tantangan di masa depan, pendidikan merupakan sesuatu yang sangat berharga dan dibutuhkan.

 

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan di indonesia, diantaranya adalah guru. Guru memiliki tugas untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan , kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Guru dituntut memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Salah satu kompetensi inti yang harus dimiliki oleh guru adalah menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar dan memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. Kemampuan guru dalam melakukan kegiatan evaluasi akan memberikan dampak terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.

Padahal di negara-negara yang pendidikannya sudah maju mereka sudah mulai meninggalkan evaluasi untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat rendah ke berpikir tingkat tinggi, karena mereka menganggap bahwa evaluasi yang mengukur berpikir tingkat rendah tidak membuat peserta didik berpikir kritis dan kreatif. Jika hal ini dijadikan acuan bagi pengembangan model evaluasi dalam pembelajaran IPA di Indonesia kedepannya, maka perlu adanya sosialisasi dan pelatihan bagi guru-guru IPA agar mereka memiliki kemampuan dalam mengembangkan teknik evaluasi yang baik. Perguruan tinggi adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi yang memiliki tanggung jawab untuk mensosialisasikan itu.

Untuk menjawab tantangan di atas, Jurusan Pendidikan IPA menyelenggarakan kegiatan ”Kajian Evaluasi”. Salah satu langkah yang dilakukan adalah “Seminar Trend Evaluasi Pembelajaran Sains di Masa Depan”.

Waktu dan Tempat Kegiatan
Waktu Kegiatan  : 23 Juli  2011
Pukul                 : 08.00-16.00 WIB
Tempat              : Auditorium Utama UIN Jakarta

Pembicara

  1. Tema: ”Kebijakanan Kementrian Pendidikan Nasional dalam Evaluasi Pembelajaran Sains Masa Kini dan Masa Depan”  Oleh:  Burhanudin Tolla, Ph.D (Sekretaris Balitbang Kemendiknas)
  2. Tema” Kesesuaian antara Kebijakan Evaluasi Pembelajaran IPA  dengan Aplikasi di Lapangan”  oleh: Dr. Ana Ratna Wulan, M.Pd (UPI Bandung)
  3. Tema:”Pengalaman Mengembangkan dan Mengaplikasikan Evaluasi Pembelajarann Sains Di Kelas” Oleh:

Dr. Yunita, M.Pd (Praktisi Pendidikan)
Drs. Sakim, M.Pd (Praktisi Pendidikan)
Persahini Sidik, M.Si (Praktisi Pendidikan)

Fasilitas Peserta
Seminar kit, Kumpulan abstrak, snack, makan siang, Jurnal Edusains dan sertifikat.

Pendaftaran Peserta
1. Mengisi Folmulir pendaftaran
2. Membayar biaya seminar dengan ketentuan

  • Umum  (Guru, Dosen )    : Rp 100.000,-
  • Mahasiswa  S2,S3    : Rp.  75.000,-
  • Pemakalah ( termasuk prosiding)    : Rp 200.000,-

Pembayaran biaya seminar dapat dilakukan melalui

  • Sekretariat Panitia Jurusan Pendidikan IPA, Gedung FITK Lt.6 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl. Ir. H. Juanda 95 Ciputat  15412
  • Rekening Bank mandiri KCP Tg UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : a/n : NENGSIH JUANENGSIH No. Rek : 164-00-0023301-7

Bukti pembayaran dan folmulir pendaftaran dikirim melalui e-mail : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
atau di fax  atau  di bawa langsung saat pelaksanaan.
Pendaftaran sebelum tanggal  16 Juli 2011

Jadwal Kegiatan

WAKTU

KEGIATAN

08.00-08.30

Regristasi Peserta

08.30-09.00

Pembukaan

08.30-08.35

Pembukaan oleh Pembawa Acara

08.35-0845

Pembacaan Ayat Suci Al’quran

08.45-08.50

Sambutan Ketua Jurusan IPA

08.50-09.00

Pembukaan Seminar oleh Dekan FITK UIN Jakarta

09.00-10.45

Seminar Sesi I

09.00-10.30

”Kebijakanan Kementrian Pendidikan Nasional dalam Evaluasi Pembelajaran Sains di Masa Depan” Oleh: Burhanudin Tolla, Ph.D (Sekretaris Balitbang Kemendiknas)

10.30–12.00

Seminar Sesi II

10.30-12.00

“Kesesuaian antara Kebijakan Evaluasi Pembelajaran IPA dengan Aplikasi di Lapangan oleh: Dr. Ana Ratnawulan, M.Pd (Guru Besar UPI Bandung).

12.00-13.00

Ishoma

13.00-14.15

Seminar Sesi II

13.00-14.00

”Pengalaman Mengembangkan dan Mengaplikasikan Evaluasi Pembelajarann Sains Di Kelas Oleh: (Guru Fisika, Kimia, Biologi)

14.00-14.30

Tanya Jawab

14.30-15.00

Penutupan

Prosiding

1. Peserta Pemakalah pendampingan (prosiding) adalah guru, dosen, atau praktisi dalam dunia pendidikan IPA (Fisika, Kimia, atau Biologi).
2. Makalah dibuat dengan aturan yang telah ditentukan panitia. Format mata makalah terdiri dari:

  • Abstrak menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia, maksimum 150 kata.
  • Isi makalah menggunakan bahasa Indonesia, maksimum 10 halaman. Diketik menggunakan Times New Roman  font 12, spasi 1,5 spasi pada kertas A4.
  • Isi makalah : Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil,  Kesimpulan, Daftar Rujukan.
  • Makalah lengkap dikirim paling lambat 09 Juli 2011. Makalah dapat dikirim langsung ke alamat :

Jurusan Pendidikan IPA
Gedung FITK Lt.6 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda 95 Ciputat  15412
Telp./Fax.: 021 7443328 atau
(021) 7401925 Ext. 1713,1715
atau
dikirim melalui email :
This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

3. Makalah yang dikirim dapat berupa hasil penelitian atau  kajian teori dalam evaluasi pembelajaran IPA  (Fisika, Kimia, atau Biologi).

Contact Person
Ibu Ai         : 0856595511263
Ibu Nanda    : 085263020374
Ibu Fathiah    : 085655487198

Download Browsur dan Formulir Klik DISINI