Sunday, August 20, 2017
   
Text Size

STUDIUM GENERALE: Metode Survei dalam Penelitian Kebijakan Pendidikan Biologi

 

Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan kuliah umum (Studium Generale) pada hari Senin (16/11/15) lalu. Kuliah umum yang diadakan di Gedung Aula Madya UIN Syarif Hidayatullah ini dihadiri oleh mahasiswa dari semester lima dan semester tujuh Pendidikan Biologi UIN Jakarta.

Acara kuliah umum yang mengundang Dr. Bambang Indriyanto, peneliti pada Pusat Penelitan Kebijakan Kementerian Pedidikan dan Kebudayaan sebagai narasumber ini diikuti dengan antusisas oleh para mahasiswa. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk mengupas informasi lebih dalam mengenai metode penelitian pada pendidikan biologi.

Kuliah umum yang mengangkat tema “Metode Survei dalam Penelitian Kebijakan Pendidikan Biologi” ini secara khusus diadakan bagi mahasiswa-mahasiswa Pendidikan Biologi yang tengah memulai proses penyusunan skripsi sebagai tugas akhir kuliah (semester lima dan semester tujuh). Namun demikian, kuliah umum ini juga bersifat terbuka bagi mahasiswa Pendidikan Biologi yang baru memasuki tahun pertama perkuliahan (semester satu sampai semester tiga). “Studium Generale ini wajib dihadiri oleh mahasiswa semester lima dan semester tujuh, sedangkan semester satu sampai semester tiga hanya bersifat undangan”, ungkap Dr. Yanti Herlanti, M.Pd, Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi UIN Jakarta.

Tema kuliah umum ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai ragam metode penelitian dalam bidang pendidikan biologi bagi para mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Jakarta. Dengan beragamnya metode penelitian yang digunakan oleh mahasiswa nantinya, diharapkan informasi yang didapatkan dari penelitian skripsi mahasiswa lebih beragam. “Selain metode kuasi eksperimen yang biasa digunakan oleh mahasiswa kita selama ini, metode penelitian survei yang akan digunakan dalam pendidikan biologi diharapkan dapat menyumbangkan informasi yang lebih kaya bagi FITK”, diungkapkan oleh Wakil Dekan Bid. Administrasi Umum, Dr. Ahmad Sofyan, M.Pd.