About

Profil Program Studi Tadris Biologi

Prodi Tadris Biologi berdiri pada 20 Maret 2001 dengan SK Penyelenggaraan DJ.I/385/2008 pada tanggal 27 Oktober 2008. Seiring dengan perubahan bentuk IAIN menjadi UIN melalui SKB Kementrian Pendidikan nomor 4/U/KB/2001 dan Kementrian Agama nomor 500/2001 tanggal 21 Nopember 2001, Tadris Biologi memperoleh penguatan Sumbar Daya Manusia melalui program IISEP (IAIN Indonesia Social Equality Project) Kejasama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Kementrian Agama dengan Mc Grill University melalui Canadian International Develeopment Agency (CIDA), 45% dosen pada Tadris Biologi saat ini berasal dari Kerjasama melalui proyek ini. Adapun kepemimpinan Program Studi dari masa ke masa adalah sebagai berikut:

TahunKetua Program StudiSekretaris Program Studi
2001-2005Mahmud Siregar, M.Si
2005-2009Dr. Ahmad Sofyan, M.Pd
2009-2011Dr. Sujiyo Miranto, M.Pd
2011-2015Dr. Zulfiani, M.Pd
2015 -2019Dr. Yanti Herlanti, M.Pd
2019 – KiniDr. Yanti Herlanti, M.PdMeiry Fadilah Noor, M.Si

Visi dan Misi Prodi Tadris Biologi

Visi

Menjadi pusat pendidikan biologi yang unggul, kompetitif, dan profesional dalam  mengintegrasikan keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan.

Misi

Sebagai salah satu unit pada lembaga pendidikan tinggi, Program Studi Pendidikan Biologi mengembangkan Tridharma Perguruan Tinggi yang mencakup bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian, dengan mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi kemajuan bangsa melalui lulusan yang kompeten dan  pengembangan serta penerapan inovasi Pendidikan Biologi. Maka misi Program Studi Pendidikan Biologi ini adalah:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran biologi yang mengintegrasikan ilmu  pedagogi, biologi, dan keislaman untuk mewujudkan pendidik biologi yang  berpengetahuan dan berahlak mulia.
  2. Mendidik mahasiswa bekerja sama dalam tim dan mandiri untuk mengembangkan ilmu  biologi dan pedagogi dalam kerangka kearifan lokal dan keindonesiaan.
  3. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan keilmuan dan karya inovasi  dalam pendidikan biologi
  4. Melaksanakan pengabdian keilmuan dan karya inovasi pendidikan biologi kepada  masyarakat
  5. Memberikan pelayanan prima kepada sivitas akademika dan stakeholders.

Tujuan program studi

  1. Menghasilkan pendidik biologi di sekolah/madrasah terutama di sekolah menengah  atas/madrasah aliah.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan biologi yang mampu mengintegrasikan ilmu dan  nilai islam dalam berkiprah di bidang pendidikan.